AdBrite Ads

Your Ad Here

Sabtu, 09 Januari 2010

Pengertian dan Sejarah Komputer

Pada masa lampau manusia juga dihadapkan pada permasalahan hitung menghitung. Manusia pada zaman itu memanfaatkan batu sebagai media hitung mereka. Bangsa China pada masa 3000 tahunan yang lampau telah berhasil menciptakan alat hitung yang diberi nama sempoa yang diyakini mempunyai keakuratan hasil perhitungan yang tepat dan proses penghitungan yang diyakini cepat pula. Alat ini sampai dengan sekarang masih dapat kita jumpai dan masih dipergunakan.

Oleh karena kebutuhan manusia akan sebuah alat yang mampu mengatasi permasalahan terutama pada proses perhitungan yang membutuhkan waktu yang cepat dan akurat serta efektif dan efisien tersebut, maka para ahli mencoba untuk menciptakan alat yang dinamakan komputer sebagai alat hitung yang diyakini akurat dan mempunyai proses penyelesaian yang sangat cepat.
Dari beberapa literatur yang didapatkan penulis, penciptaan komputer telah terjadi sekitar tahun 1812 yakni dengan berhasilnya diciptakan suatu alat yang diberi nama BABAGE CALCULATION MACHINE oleh Charles Babage. Mesin ini adalah merupakan dasar dari komputer yang kita kenal saat ini. Pada mesin ini telah diperkenalkan penyimpan data hasil perkalian yang akan digunakan untuk proses perhitungan selanjutnya dan alat ini juga mampu menghitung logaritma dan trigonometri secara otomatis.

Komputer komersial yang berhasil di buat dan dijual ke masyarakat adalah UNIVAC I yang dikeluarkan oleh Sperry Rand Coorporation pada tahun 1949. Sejak tahun itulah hingga sekarang perkembangan komputer mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Dengan ditemukannya IC (Integrated Circuit) telah membuat komputer sekarang meninggalkan komputer yang lalu. Dalam pemanfaatan komputer sebagai sebuah alat yang dapat membantu pekerjaan manusia, telah membuat penciptaan media komputer ini terus mengalami berkembangan yang pesat, dimana manusia saat ini di dalam memenuhi kebutuhannya terutama yang terkait dengan penanganan bidang pekerjaannya sangat membutuhkan alat yang mempunyai kemampuan penyimpanan yang besar, proses yang cepat dan hemat dari segi biayanya. Hingga kini banyak produsen komputer yang telah berhasil memasarkan produknya seperti misalkan produsen yang ada di daratan eropa, amerika dan asia.

Ada beberapa definisi komputer yang dikemukakan oleh beberapa ahli yang berhasil penulis himpun diantaranya adalah :
• Hamacher [1], mendefinisikan komputer sebagai mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
• Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
 Menerima input;
 memproses input tadi sesuai dengan programnya;
 menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan;
 menyediakan output dalam bentuk informasi.
• Sedangkan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Pengertian dan Sejarah Komputer"

Posting Komentar