AdBrite Ads

Your Ad Here

Sabtu, 09 Januari 2010

Sistem Operasi

Dalam ilmu komputer Sistem Operasi / OS adalah suatu software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen hardware serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program pengolah kata dan web browser.

Secara umum sistem operasi ditempatkan pada lapisan utama pada memori komputer pada saat komputer mulai dinyalakan dan sistem operasi akan melakukan layanan inti seperti akses ke disk, manajemen memori, schdulling task.

Dalam banyak kasus sistem operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu sehingga dalam setiap pembuatan program baru tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal. Sistem operasi secara umum terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya :

 Mekanisme boot
 Kernel
 Command Interpreter/ shell
 Pustaka-pustaka
 Driver untuk berintegrasi dengan hardware eksternal sekaligus untuk mengontrol mereka.

Sistem Operasi Saat Ini
Sistem operasi – sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum terbagi menjadi beberapa kelompok :
1. MS Windows
2. Unix
3. Mac OS (khusus untuk komputer produk apple)

1. MS Windows
Merupakan keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik. Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS DOS, sebuah sistem operasi berbasis teks dan command line. Windows versi pertama dengan tampilan bergambar adalah Windows Grafic Enveronment 1.0, yang pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, dan baru dipasarkan pada bulan November 1985.

2. Unix, terdiri dari :
Linux Mandrake: merupakan salah satu pengembangan sistem operasi Linux yang diciptakan oleh Linus Torvald pada tahun 1991. Linux Mandrake memiliki kemampuan yang cukup baik dan handal sebagai sistem operasi baik untuk kantor maupun komputer di rumah.
Linux Suse: juga merupakan merupakan salah satu pengembangan dari Linux. Mudah untuk diinstall di komputer, dan tampil dengan gambar-gambar grafik yang menarik. (mau tahu informasi lebih luas tentang sistem operasi Linux lihat di www.pandu.org yang berbahasa Indonesia)
Free-BSD : Meski tidak begitu banyak yang menggunakan sistem operasi Free-BSD namun dari segi keamanannya dalam menghalau virus sistem operasi ini tetap cocok dipergunakan pada komputer. Sistem filenya tidak jauh berbeda dengan sistem operasi Linux. (lebih jauh tentang sistem operasi ini lihat di www.freebsd.org)
Istilah Linux atau GNU yang digunakan sebagai rujukan kepada keseluruhan distro linux yang di dalamnya disertakan program-program lain pendukung sistem operasi. Distro Linux mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang pesat.
Pada awalnya Linux dibuat dan dikembangkan dan digunakan hanya pada peminatnya saja. Kini Linux telah mendapat dukungan dari perusahaan-perusahaan besar seperti IBM, dan Hawlett Packard (HP). Para pengamat tehnologi informatika beranggapan kesuksesan ini dikarenakan linux tidak bergantung kepada vendor, biaya operasinalnya murah, dan mempunyai kompatibilitas yang tinggi, serta mempunyai faktor pengamanan yang cukup handal bila dibandingkan dengan Windows.
3. Macintosh : Di negara Indonesia saat ini mungkin pengguna sistem operasi Macintosh tidak sebanyak pengguna Windows dan Linux, namun dari segi aplikasi yang ada sistem operasi ini memiliki keunggulan dari sedikitnya jenis virus yang menyerang sistem ini.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Sistem Operasi"

Posting Komentar