AdBrite Ads

Your Ad Here

Sabtu, 09 Januari 2010

Konfigurasi Dasar Komputer

Komputer adalah sebuah perangkat yang memungkinkan seseorang lebih terbantu dan ringan terutama di dalam menghadapi persoalan pekerjaannya terlebih lagi apabila manusia dihadapkan pada persoalan menghitung angka-angka besar dan mempunyai tingkat kompleksitas yang tinggi. Namun apakah sebenarnya komputer tersebut dan apa saja perangkat yang ada di dalamnya?. Untuk menjawab semua itu marilah kita bahas arsitektur/ konfigurasi dari komputer tersebut.

Komputer terbagi menjadi beberapa bagian yaitu :
1. Perangkat Keras atau yang dikenal dengan istilah Hardware
2. Perangkat Lunak atau yang diistilahkan sebagai Software
3. Serta Perangkat Otak atau yang dikenal dengan Brainware.

Hardware adalah perangkat dalam bentuk fisik yang menjalankan sistem komputer. Peralatan ini berfungsi untuk menjalankan instruksi-instruksi yang diberikan dan mengeluarkannya dalam bentuk informasi yang sangat dibutuhkan oleh pemakainya. Perangkat ini terbagai menjadi 3 bagian yaitu :
a. Perangkat Input
b. Perangkat Proses dan
c. Perangkat Output

Software adalah : serangkaian prosedur atau dokumentasi program yang berfungsi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dikehendaki. Kalu sekarang ini istilah software diberikan kepada program-program yang ada dalam sistem sebuah komputer misalkan office, photoshop dan lain sebagainya.
Software ini juga terbagi menjadi 3 bagian yakni :
1. Sistem Operasi (penjelasan lebih lanjut lihat di Sistem Operasi)
2. Bahasa pemograman
3. Program paket

Brainware adalah orang-orang yang bekerja dengan menggunakan media komputer . Brainware ini juga terbagi menjadi 3 bagian yakni :
1. Operator
2. Programmer
3. System Analyst


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Konfigurasi Dasar Komputer"

Posting Komentar